Blok Silinder
Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian pokok sebuah motor. Bentuk dan konstruksi blok silinder tergantung pada beberapa faktor, antara lain :
Jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis pendinginan, letak poros kam, tempat dudukan motor, bahan serta cara pembuatannya.
Persyaratan Blok Silinder
Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya, ringan dan kuat. Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut (misal: poros engkol, kepala silinder)
Silinder harus memenuhi persyaratan
Sifat luncur yang baik pada permukaan luncurnya dan tahan aus. Kuat terhadap tekanan tinggi. Tidak boleh mengalami perubahan bentuk akibat waktu pemakaian yang lama. Konstruksi silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Mudah di overhaul atau diganti .
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Jenis Konstruksi
1) Berdasarkan susunan silinder :
a) Bentuk sebaris
Konstruksi sederhana, baik untuk motor 2 s.d 6 silinder
b) Bentuk “ V “
Konstruksi pendek, kompak dan kaku .
Baik untuk motor 6 s.d 12 silinder.
Sifat getaran paling buruk oleh karena itu jarang digunakan untuk motor 2 atau 4 silinder
c) Boxer (Tidur)
Konstruksi rendah tetapi lebar.
Baik untuk 2 s.d 12 silinder.
Sifat getaran paling baik
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian pokok sebuah motor. Bentuk dan konstruksi blok silinder tergantung pada beberapa faktor, antara lain :
Jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis pendinginan, letak poros kam, tempat dudukan motor, bahan serta cara pembuatannya.
Persyaratan Blok Silinder
Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya, ringan dan kuat. Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut (misal: poros engkol, kepala silinder)
Silinder harus memenuhi persyaratan
Sifat luncur yang baik pada permukaan luncurnya dan tahan aus. Kuat terhadap tekanan tinggi. Tidak boleh mengalami perubahan bentuk akibat waktu pemakaian yang lama. Konstruksi silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Mudah di overhaul atau diganti .
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Jenis Konstruksi
1) Berdasarkan susunan silinder :
a) Bentuk sebaris
Konstruksi sederhana, baik untuk motor 2 s.d 6 silinder
b) Bentuk “ V “
Konstruksi pendek, kompak dan kaku .
Baik untuk motor 6 s.d 12 silinder.
Sifat getaran paling buruk oleh karena itu jarang digunakan untuk motor 2 atau 4 silinder
c) Boxer (Tidur)
Konstruksi rendah tetapi lebar.
Baik untuk 2 s.d 12 silinder.
Sifat getaran paling baik
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Comments
Post a Comment