Skip to main content

Cara Melakukan Pemeriksaan Blok Silinder dan Mekanisme Engkol

Pemeriksaan Blok silinder dan Mekanisme Engkol
Periksa secara visual blok silinder terhadap keretakan dan kebocoran. Bila air terlihat bocor pada sumbat, sumbat harus diganti dan jika terdapat keretakan harus diperbaik dioverhaul.
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK



Periksa secara visual goresan-goresan pada tabung silinder, bila goresan terlalu dalam, silinder harus dioverhaul.
Pemeriksaan kerataan permukaan blok silinder (menggunakan mistar baja dan fuler)
Lakukan pemeriksaan sesuai dengan posisi pada gambar

Pemeriksaan Cincin Torak
Memeriksa celah sisi cincin torak
- Pasangkan cincin torak ke dalam alur cincin torak yang semestinya
- Ukur celah sisinya dengan fuler

Memeriksa celah ujung silinder
- Bersihkan lubang silinder dengan lap
- Masukkan cincin torak satu persatu ke dalam silinder
- Dorong dengan torak untuk mendapatkan posisi pengukuran yang ideal, lihat gambar !

Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Lakukan pengukuran celah ujung cincin torak ( seperti gambar ) satu per satu
Bandingkan hasil pengukuran dengan buku manual
- Apabila celah ujung melebihi batas maksimum harus diganti baru
- Apabila celah ujung lebiih kecil dari batas minimum harus digerinda/dikikir
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK




Comments

Popular posts from this blog

Cara Melakukan Perbaikan Kepala Silinder Mobil Dengan Benar

Perbaikan Kepala Silinder Dan Mekanisme Katup 1. Kepala Silinder Kegunaan Untuk menutup blok silinder dan sebagai ruang bakar Sebagai dudukan dari katup-katup, busi, injektor, poros kam, saluran gas masuk dan keluar, saluran air pendinginan dan pelumasan. Bagian-bagiannya : 1. Pegas katup 2. Batang katup 3. Pengatur katup 4. Ruang pendingin (air) 5. Busi 6. Saluran masuk 7. Dudukan katup 8. Ruang bakar 9. Paking kepala silinder   Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK  Macam-macam bahan kepala silinder : 1) Besi tuang - Mempunyai kekuatan tekan yang tinggi - Keras - Dapat meredam getaran dan suara - Pemuaian kecil 2) Campuran aluminium - Dapat memindahkan panas dengan baik Maka : Kecenderungan knoking berkurang Perbandingan kompresi dapat ditinggikan Daya motor bisa lebih besar - Pemuaian besar Masalah : kerapatan paking kepala silinder berkurang. Dudukan dan penghantar katup harus dibuat dari logam yang keras, untuk mengatasi keausan, Ringan .a. Macam-macam pendingin

Cara Melakukan Perawatan Blok Silinder Mobil DEngan Benar

Blok Silinder Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian pokok sebuah motor. Bentuk dan konstruksi blok silinder tergantung pada beberapa faktor, antara lain : Jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis pendinginan, letak poros kam, tempat dudukan motor, bahan serta cara pembuatannya. Persyaratan Blok Silinder Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya, ringan dan kuat. Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut (misal: poros engkol, kepala silinder) Silinder harus memenuhi persyaratan Sifat luncur yang baik pada permukaan luncurnya dan tahan aus. Kuat terhadap tekanan tinggi. Tidak boleh mengalami perubahan bentuk akibat waktu pemakaian yang lama. Konstruksi silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Mudah di overhaul atau diganti . Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK Jenis Konstruksi 1) Berda