Fungsi radiator
Untuk memindahkan panas air pendingin ke udara luar
a) Bagian-bagian radiator
1. Tabung air atas 6. Kisi-kisi
2. Tabung air bawah 7. Sirip-sirip
3. Sambungan slang atas 8. Tutup radiator
4. Sambungan slang bawah 9. Kran pembuanng
Termostat
Fungsi :
Untuk mempercepat temperatur kerja air pendingin pada saat motor masih dingin, serta mengatur peredaraan air pendingin yang menuju ke radiator (pada saat motor panas
a) Termostat jenis lilin
Pembukaan berdasarkan pengembangan lilin (pengembangan lilin sesuai dengan temperatur air pendingin)
b) Cara kerja termostat jenis lilin
Motor dingin
Termostat tertutup bila temperatur air pendingin rendah, aliran air menuju radiator terputus (terjadi sirkulasi tertutup)
Mesin pada temperatur kerja
Termostat mulai membuka bila temperatur air pendingin antara 75 – 900 C air pendingin mulai mengalir menuju radiator
Mesin panas
Termostat terbuka penuh bila air pendingin panas sekali (90 – 1000 C), jumlah air pendingin yang mengalir ke radiator banyak
c) Termostat dengan katup pengatur by pass
Untuk menutup saluran by pass pada saat termostat terbuka penuh, supaya semua air mengalir menuju radiator sehingga pendinginan lebih efisien
Cara kerja
Motor dingin
Termostat tertutup katup pengatur by pass terbuka sehingga air mengalir melalui saluran by pass kembali ke blok silinder (sirkulasi tertutup)
Temperatur kerja tercapai
Termostat mulai terbuka sebagian air mengalir menuju radiator dan sebagian mengalir melalui saluran by pass
Motor panas
Termostat terbuka penuh katup pengatur by pass menutup saluran by pass sehingga semua air mengalir menuju radiator
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Gangguan–gangguan pada termostat
a. Motor tidak mencapai temperatur kerja 750 – 900 C
Alasan
Tanpa termostat
Termostat, macet (keadaan terbuka)
Membuka terlalu awal
Akibat
Temperatur air pendingin terlalu rendah
Keausan pada dinding silinder lebih cepat
Bahan bakar boros
b. Kelebihan panas, air pendingin mendidih
Alasan
Termostat tidak membuka
Termostat membuka terlambat
Pemasangan terbalik
Akibat
Air pendingin mendidih dan keluar
Kepala silinder retak/ melengkung
Piston macet
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Tutup Radiator dan Reservoir Air
Fungsi :
Menutup radiator
Mengatur dan menaikkan tekanan dalam sistem pendinginan
Alasan untuk menaikkan tekanan pada sistem pendingin
Temperatur didih air tergantung pada tekanan
Tekanan semakin naik,temperatur didih semakin tinggi sistem pendingin lebih aman
Contoh :dengan kelebihan tekanan 100 kpa (1 bar) temperatur didih air naik sebesar 250 C
Bagian-bagian tutup radiator
a) Fungsi katup pelepas
Untuk membatasi tekanan yang ditimbulkan panas air pendingin antara 80 – 120 kpa ( 0,8 – 1,2 bar )
b) Fungsi katup hisap
Untuk menyeimbangkan tekanan pada saat motor menjadi dingin, sehingga tidak terjadi vakum dalam sistem
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Untuk memindahkan panas air pendingin ke udara luar
a) Bagian-bagian radiator
1. Tabung air atas 6. Kisi-kisi
2. Tabung air bawah 7. Sirip-sirip
3. Sambungan slang atas 8. Tutup radiator
4. Sambungan slang bawah 9. Kran pembuanng
Termostat
Fungsi :
Untuk mempercepat temperatur kerja air pendingin pada saat motor masih dingin, serta mengatur peredaraan air pendingin yang menuju ke radiator (pada saat motor panas
a) Termostat jenis lilin
Pembukaan berdasarkan pengembangan lilin (pengembangan lilin sesuai dengan temperatur air pendingin)
b) Cara kerja termostat jenis lilin
Motor dingin
Termostat tertutup bila temperatur air pendingin rendah, aliran air menuju radiator terputus (terjadi sirkulasi tertutup)
Mesin pada temperatur kerja
Termostat mulai membuka bila temperatur air pendingin antara 75 – 900 C air pendingin mulai mengalir menuju radiator
Mesin panas
Termostat terbuka penuh bila air pendingin panas sekali (90 – 1000 C), jumlah air pendingin yang mengalir ke radiator banyak
c) Termostat dengan katup pengatur by pass
Untuk menutup saluran by pass pada saat termostat terbuka penuh, supaya semua air mengalir menuju radiator sehingga pendinginan lebih efisien
Cara kerja
Motor dingin
Termostat tertutup katup pengatur by pass terbuka sehingga air mengalir melalui saluran by pass kembali ke blok silinder (sirkulasi tertutup)
Temperatur kerja tercapai
Termostat mulai terbuka sebagian air mengalir menuju radiator dan sebagian mengalir melalui saluran by pass
Motor panas
Termostat terbuka penuh katup pengatur by pass menutup saluran by pass sehingga semua air mengalir menuju radiator
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Gangguan–gangguan pada termostat
a. Motor tidak mencapai temperatur kerja 750 – 900 C
Alasan
Tanpa termostat
Termostat, macet (keadaan terbuka)
Membuka terlalu awal
Akibat
Temperatur air pendingin terlalu rendah
Keausan pada dinding silinder lebih cepat
Bahan bakar boros
b. Kelebihan panas, air pendingin mendidih
Alasan
Termostat tidak membuka
Termostat membuka terlambat
Pemasangan terbalik
Akibat
Air pendingin mendidih dan keluar
Kepala silinder retak/ melengkung
Piston macet
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Tutup Radiator dan Reservoir Air
Fungsi :
Menutup radiator
Mengatur dan menaikkan tekanan dalam sistem pendinginan
Alasan untuk menaikkan tekanan pada sistem pendingin
Temperatur didih air tergantung pada tekanan
Tekanan semakin naik,temperatur didih semakin tinggi sistem pendingin lebih aman
Contoh :dengan kelebihan tekanan 100 kpa (1 bar) temperatur didih air naik sebesar 250 C
Bagian-bagian tutup radiator
a) Fungsi katup pelepas
Untuk membatasi tekanan yang ditimbulkan panas air pendingin antara 80 – 120 kpa ( 0,8 – 1,2 bar )
b) Fungsi katup hisap
Untuk menyeimbangkan tekanan pada saat motor menjadi dingin, sehingga tidak terjadi vakum dalam sistem
Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK
Comments
Post a Comment