Skip to main content

Perawatan Berkala Mesin Kendaraan Ringan

Perawatan Berkala Kendaraan
Di dalam masyarakat, terdapat berbagai bengkel mobil dengan sebutan atau nama yang berbeda-beda seperti Bengkel Servis Kendaraan, Bengkel Pemeliharaan Kendaraan, Bengkel Perawatan Kendaraan, Bengkel Perawatan dan Perbaikan Kendaraan, Bengkel Reparasi Kendaraan, Bengkel Spooring dan Balans, Bengkel AC Mobil, Bengkel Reparasi Bodi dan Cat Kendaraan, Bengkel Karoseri Kendaraan, Bengkel Ahli Peer Kendaraan, Bengkel Onderstel dan sebagainya. Apakah yang membedakan dari berbagai bengkel tersebut ?
Kendaraan baru dalam kondisi siap dimiliki dan digunakan oleh masyarakat, dapat dibeli di toko penjual kendaraan. Kendaraan yang siap dijual ke masyarakat, sebelumnya telah mengalami proses pembuatan atau produksi di pabrik pembuat kendaraan. Pembeli selain memperoleh kendaraan baru yang siap digunakan juga mendapatkan buku pedoman bagi pemilik yang isinya memuat cara menggunakan kendaraan dan informasi tentang kapan pemilik harus membawa kendaraannya ke bengkel kendaraan untuk dirawat. Demikian juga dengan bengkel kendaraan, untuk dapat merawat dan memperbaiki kendaraan dengan benar, bengkel memperoleh petunjuk teknis atau acuan pekerjaan atau manual atau pedoman merawat dan memperbaiki kendaraan yang telah disusun dan diterbitkan oleh pabrik pembuat kendaraan, melalui buku atau jaringan internet.

 Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK

Kegunaan kendaraan secara umum adalah untuk mengangkut orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain. Kendaraan yang terdiri atas ribuan komponen dalam operasi atau bekerjanya mendapatkan berbagai beban gesekan, tekanan, benturan, pukulan, puntiran, gaya tekan-tarik-tekuk, beban panas, beban kimia dan sebagainya. Semakin lama digunakan komponen kendaraan pasti akan semakin aus, semakin longgar, semakin lemah, atau semakin menyimpang kepresisiannya dari kondisi semula yang baik dan standar. Oleh karena itu, dengan memperhatikan hal tersebut diatas, supaya kendaraan selalu dalam kondisi standar sehingga selalu siap digunakan dengan efisien, ekonomis, aman dan nyaman, maka kendaraan harus mendapatkan perawatan dan perbaikan kerusakan atau mendapatkan pemeliharaan secara teratur di bengkel kendaraan.

 Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK

Jadi pada bengkel kendaraan dengan berbagai nama yang ada di masyarakat, kegiatan utama yang dilakukan adalah sama, yaitu merawat dan memperbaiki atau melakukan pemeliharaan kendaraan yang telah ada. Yang membedakan adalah adanya satu bengkel yang mengerjakan semua jenis kegiatan merawat dan memperbaiki kendaraan atau satu bengkel spesialis yang hanya mengerjakan pekerjaan tertentu dalam merawat dan memperbaiki kendaraan. Bengkel yang mengerjakan semua kerusakan pada semua komponen atau sistem pada kendaraan disebut bengkel umum dan bengkel yang hanya mengerjakan pemeliharaan untuk satu atau beberapa komponen atau sistem yang ada pada kendaraan disebut bengkel khusus atau spesialis,. Khusus untuk bengkel karoseri kendaraan sebenarnya secara fungsi merupakan bagian dari pabrik yang melakukan sebagian kegiatan dalam membuat atau memproduksi kendaraan. Terdapat pabrik kendaraan yang memproduksi kendaraan secara utuh semuanya, sehingga kendaraan yang diproduksi langsung dapat digunakan oleh masyarakat misalnya jenis sedan, jeep dan kendaraan niaga kecil, dan terdapat pabrik yang memproduksi kendaraan tidak sampai tuntas, misalnya sebagian jenis kendaraan niaga kecil dan bus, dimana penyelesaian pekerjaan untuk membangun bodinya harus dikerjakan secara khusus oleh bengkel karoseri kendaraan.
 
  Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK

Di bidang otomotif, pemeliharaan terencana disebut dengan pemeliharaan berkala atau perawatan berkala atau servis kendaraan. Sewaktu pembelian kendaraan baru, pemilik kendaraan akan memperoleh buku pemilik kendaraan yang berisi tentang bagaimana pemilik memperlakukan kendaraan dengan baik, termasuk kapan pemilik seharusnya membawa kendaraannya ke bengkel yang telah direkomendasi, atas dasar sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), untuk mendapatkan pemeliharaan berkala atau perawatan berkala atau servis kendaraan. Pemeliharaan berkala mesin kendaraan dalam interval sekitar 10.000 km (servis besar) disebut Tune-Up Mesin kendaraan.Sedangkan pemeliharaan tak terencana atau pemeliharaan darurat adalah pemeliharaan yang dilakukan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu diluar jadwal pemeliharaan berkala.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Melakukan Pemeriksaan Blok Silinder dan Mekanisme Engkol

Pemeriksaan Blok silinder dan Mekanisme Engkol Periksa secara visual blok silinder terhadap keretakan dan kebocoran. Bila air terlihat bocor pada sumbat, sumbat harus diganti dan jika terdapat keretakan harus diperbaik dioverhaul. Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK Periksa secara visual goresan-goresan pada tabung silinder, bila goresan terlalu dalam, silinder harus dioverhaul. Pemeriksaan kerataan permukaan blok silinder (menggunakan mistar baja dan fuler) Lakukan pemeriksaan sesuai dengan posisi pada gambar Pemeriksaan Cincin Torak Memeriksa celah sisi cincin torak - Pasangkan cincin torak ke dalam alur cincin torak yang semestinya - Ukur celah sisinya dengan fuler Memeriksa celah ujung silinder - Bersihkan lubang silinder dengan lap - Masukkan cincin torak satu persatu ke dalam silinder - Dorong dengan torak untuk mendapatkan posisi pengukuran yang ideal, lihat gambar ! Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK Lakukan pengukuran celah ujung cinc...

Cara Melakukan Perbaikan Kepala Silinder Mobil Dengan Benar

Perbaikan Kepala Silinder Dan Mekanisme Katup 1. Kepala Silinder Kegunaan Untuk menutup blok silinder dan sebagai ruang bakar Sebagai dudukan dari katup-katup, busi, injektor, poros kam, saluran gas masuk dan keluar, saluran air pendinginan dan pelumasan. Bagian-bagiannya : 1. Pegas katup 2. Batang katup 3. Pengatur katup 4. Ruang pendingin (air) 5. Busi 6. Saluran masuk 7. Dudukan katup 8. Ruang bakar 9. Paking kepala silinder   Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK  Macam-macam bahan kepala silinder : 1) Besi tuang - Mempunyai kekuatan tekan yang tinggi - Keras - Dapat meredam getaran dan suara - Pemuaian kecil 2) Campuran aluminium - Dapat memindahkan panas dengan baik Maka : Kecenderungan knoking berkurang Perbandingan kompresi dapat ditinggikan Daya motor bisa lebih besar - Pemuaian besar Masalah : kerapatan paking kepala silinder berkurang. Dudukan dan penghantar katup harus dibuat dari logam yang keras, untuk mengatasi keausan, Ringan .a. Macam-macam p...

Cara Melakukan Perawatan Blok Silinder Mobil DEngan Benar

Blok Silinder Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian pokok sebuah motor. Bentuk dan konstruksi blok silinder tergantung pada beberapa faktor, antara lain : Jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis pendinginan, letak poros kam, tempat dudukan motor, bahan serta cara pembuatannya. Persyaratan Blok Silinder Kaku, pembebanan tekan tidak boleh mengakibatkan perubahan elatisitas pada bentuknya, ringan dan kuat. Konstruksi blok dan silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Pemuaian panas harus sesuai dengan bagian-bagian yang terpasang pada blok tersebut (misal: poros engkol, kepala silinder) Silinder harus memenuhi persyaratan Sifat luncur yang baik pada permukaan luncurnya dan tahan aus. Kuat terhadap tekanan tinggi. Tidak boleh mengalami perubahan bentuk akibat waktu pemakaian yang lama. Konstruksi silinder harus memperoleh pendinginan yang merata. Mudah di overhaul atau diganti . Download Aplikasi Android BUKU OTOMOTIF SMK Jenis Konstruksi 1) Berda...